Langkah Mudah Mendapatkan Kambing Aqiqah yang Sehat

jasa aqiqah

Ketika seorang anak lahir dalam agama Islam, maka disunahkan untuk menyelenggarakan ibadah aqiqah. Secara umum, aqiqah diterjemahkan sebagai proses menyembelih kambing atau domba, mencukur rambut dan memberikan nama kepada anak. Yang mana ibadah aqiqah ini dilakukan sebagai wujud syukur kepada Allah SWT karena diberikan seorang anak dalam sebuah keluarga. Bagi orang tua yang mampu secara finansial, maka diharuskan untuk melangsungkan ibadah aqiqah. Proses aqiqah ini sendiri dilaksanakan pada hari ketujuh setelah kelahiran anak. Namun juga bisa dilakukan pada hari ke-14 atau ke-21 untuk orang tua yang belum cukup secara finansial. Sedangkan untuk orang tua yang tidak mampu secara finansial, maka tidak apa-apa jika tidak melangsungkan ibadah aqiqah.

7 Cara Mendapatkan Kambing Aqiqah Sehat

Saat ingin melangsungkan acara aqiqah, tentunya ada beberapa hal penting yang perlu dipersiapkan. Diantaranya adalah mengenai jumlah tamu yang akan diundang, menu makanan apa saja yang harus disajikan dan masih banyak lainnya. Salah satu hal penting lainnya adalah pemilihan kambing yang akan dipakai. Aqiqah untuk anak laki-laki menggunakan 2 ekor kambing, sedangkan untuk anak perempuan cukup 1 ekor kambing saja. Kambing yang digunakan pun boleh jantan atau betina. Namun yang paling utama memang menggunakan kambing jantan. Tetapi daripada itu semua, kambing atau domba yang disembelih haruslah kambing atau domba sehat. Jika hewan ternak yang disembelih sedang sakit, bukan hanya tidak baik untuk ibadah aqiqah. Pun juga akan membuat orang yang makan olahan kambing aqiqah ikut sakit.

Jika Anda merasa kesulitan untuk mendapatkan kambing aqiqah yang sehat. Berikut ini terdapat beberapa cara yang bisa digunakan supaya tidak salah pilih.

  1. Memastikan Mata Kambing

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk mengetahui apakah kambing atau domba pilihan sehat adalah dengan memastikan matanya. Kambing atau domba sehat pastinya memiliki mata fokus dan bisa melihat dengan jelas. Dengan pandangan mata yang fokus, maka hewan tersebut bisa melihat jelas dan tidak menabrak ketika berjalan. Jika Anda menemukan kambing dengan mata merah. Ada baiknya untuk tidak memilihnya, karena bisa jadi indikasi bahwa kambing tersebut tidak sehat.

  1. Kuku & Gigi yang Bersih

Kemudian, Anda juga bisa melihat bagian kuku dan gigi dari kambing yang akan dipilih. Dari segi gigi kambing yang sehat pastinya kuat, karena dipakai untuk mengunyah makan. Hal ini bisa dilihat bahwa kambing akan makan tanpa beban. Untuk kambing yang sakit gigi, biasanya tidak akan makan atau sulit makan. Selain itu pastikan juga kuku kambing bersih tidak ada cacing yang bersemayam. Cacing dapat berkembang biak di dalam kambing lewat kuku. Akan jadi berbahaya jika makan daging kambing yang terjangkit cacing.

  1. Pastikan Memiliki Punggung Besar

Pastinya Anda ingin mendapatkan daging kambing dalam jumlah besar dari kambing yang dibeli bukan? Ada cara yang bisa dilakukan jika ingin memilih kambing dengan banyak daging ketika diolah. Yakni dengan melihat bagian punggung dan paha kambing itu sendiri. Jika kambing yang dipilih memiliki punggung besar, maka bisa diasumsikan dagingnya pun banyak. Dengan begitu, olahan menu akikah daging kambing nantinya bisa menghasilkan porsi dalam jumlah banyak. Kambing yang sudah cukup umur idealnya mempunyai berat antara 30 – 40 kg. Apabila beratnya lebih, maka akan semakin baik. Lain hal jika kambing tersebut kurang dari berat ideal, bisa jadi kambing itu belum cukup umur atau sedang sakit.

  1. Beli Kambing Hidup

Sangat penting bagi Anda yang ingin menyelenggarakan ibadah aqiqah untuk membeli kambing hidup. Ini dimaksudkan supaya daging kambing yang akan diolah nantinya bisa lebih terjamin. Selain itu, kita juga bisa tahu dengan jelas bagaimana riwayat kesehatan dari kambing yang akan disembelih tersebut. Jika Anda menggunakan rumah aqiqah untuk proses memasak daging kambing. Pastikan untuk mengetahui riwayat dari kambing yang dipilih terlebih dahulu. Anda bisa mendatangi lokasi kandang rumah aqiqah atau meminta rumah aqiqah untuk memberikan dokumentasi. Baik berupa video atau foto yang menunjukkan bahwa kambing yang dipilih benar-benar tepat.

  1. Jangan Membeli Daging Kambing Potong

Sesuai sunahnya, aqiqah dilakukan dengan cara menyembelih hewan ternak. Jadi bukan membeli daging kambing yang sudah dipotong. Sama halnya dengan poin diatas, kita tidak tahu bagaimana riwayat dari daging potong ini seperti apa. Apakah kambing yang disembelih sehat atau tidak, kan kita sebagai konsumen tidak mengetahuinya. Selain itu juga tidak tahu apakah kambing yang disembelih ini disembelih sesuai syariat atau tidak. Bayangkan jika kambing ini tidak dipotong secara syariat. Pastinya hal ini akan membuat acara ibadah aqiqah kurang afdol dan tidak halal.

  1. Jangan Tergoda dengan Harga Murah

Saat Anda pergi ke pasar hewan untuk membeli kambing atau domba, pastinya akan menjumpai banyak pedagang hewan. Yang mana setiap pedagang hewan ini bisa memberikan penawaran harga berbeda-beda. Ada yang memberikan penawaran harga mahal sampai harga murah. Terkadang antara satu pedagang dengan pedagang lain memiliki perbedaan harga dari puluhan ribu sampai ratusan ribu. Nah pastikan untuk tidak mudah terpengaruh dengan penawaran harga murah. Sebab harga murah terkadang tidak menjamin bahwa kambing atau domba yang didapatkan benar-benar sesuai keinginan. Ada baiknya untuk menanyakan lebih lanjut mengenai kenapa harga kambing tersebut menjadi murah.

  1. Mengajak Orang yang Sudah Berpengalaman

Apabila Anda merasa kebingungan saat akan memilih kambing yang digunakan untuk ibadah akikah. Maka ada baiknya jika Anda meminta orang yang sudah berpengalaman dalam membeli kambing untuk membantu memilihkannya. Biasanya orang yang sudah berpengalaman akan memilihkan kambing atau domba sehat, serta sesuai dengan kebutuhan. Anda bisa meminta bantuan teman atau kerabat yang sudah sering membeli kambing untuk kebutuhan kurban atau aqiqah. Sebab syarat untuk kambing kurban dan aqiqah hampir sama.

  1. Memilih Tempat Penjualan Kambing Aqiqah yang Baik

Untuk cara terakhir supaya bisa mendapatkan kambing sehat untuk aqiqah adalah dengan memilih tempat penjualan terbaik. Tempat penjualan kambing yang benar-benar berpengalaman biasanya hanya menyediakan kambing sehat. Selain itu dari segi harganya pun cukup terjangkau. Jadi konsumen yang ingin memesan kambing untuk kebutuhan aqiqah pun tidak harus mengeluarkan anggaran dalam jumlah besar. Pun dari segi umur kambing yang dijual pun sudah cukup untuk digunakan akikah atau kurban.

Nah itulah beberapa cara yang bisa digunakan untuk mendapatkan kambing aqiqah sehat dan sesuai kebutuhan. Memang sangat penting bagi kita untuk bisa memilih kambing sehat yang dipakai untuk aqiqah. Apalagi nanti daging kambing tersebut akan diolah terlebih dahulu sebelum dibagikan kepada tetangga, kerabat atau orang yang membutuhkan. Jika Anda merasa repot harus mempersiapkan ibadah akikah, karena masih memiliki banyak pekerjaan. Anda bisa bekerja sama dengan jasa aqiqah yang sudah berpengalaman. Nantinya Anda tidak perlu repot memasak daging kambing lagi.